Lawrence Larry Page : pendiri mesin pencari google


Haii sobat blogger bocah sampahh, siapa yang gak taw google, situs pencari yang besar itu , pasti tw dongg, bahkan sobat sekalian mungkin sering sekali mengaksesnya seperti mister ini, siapa yang taw pendiri dan sejarah berdirinya google?? Belumm twww?? Ya sudah simak yang berikut ini yaaa...
Lawrence Edward "Larry
" Page (lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973; umur 39 tahun) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google dan saat ini adalah presiden produk pada Google Inc.
Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan seorang lulusan Master dari Universitas Standford.

Di Stanfors, ia berkenalan dengan seorang pria bernama Sergey Brin, yang kelak menjadi partner sejatinya dalam mengembangkan Google menjadi raksasa dunia maya. Pada awalnya, Larry dan Sergey tidaklah akrab. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan mereka dalam setiap topik yang mereka bicarakan. Larry tidak begitu menyukai Sergey saat itu, begitu pula sebaliknya.

Namun pada akhirnya, keduanya menemukan satu kesamaan subjek yang membuat mereka tertarik, yakni mengenai situs pencari informasi dari ‘kumpulan data besar’. Keduanya menulis satu makalah berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine“. Makalah tersebut membahas tentang perlunya situs yang mempermudah orang-orang yang membuka internet untuk menemukan topik atau informasi yang mereka cari. Makalah tersebut kini tercatat sebagai makalah yang paling banyak diakses di Stanford University.

Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt.
Menurut Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar AS$12,8 milyar, membuatnya orang nomor 27 terkaya di dunia (satu tempat di belakang pendiri lain Google, Sergey Brin). Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767, untuk penggunaan pribadi mereka.
Larry Page juga dikenal sebagai seorang Filantropis (orang yang suka melakukan kegiatan amal). Pada tahun 2002 ia tercatat sebagai anggota Forum Ekonomi Dunia Global Leader for Tomorrow. Selain itu ia juga mencakup sebagai anggota National Advisory Committee (NAC) untuk University Of Michigan jurusan Engineering. Pada tahun yang sama pula, Larry bersama Brin mendapat penghargaan Marconi prize, sebuah penghargaan bagi mereka yang berjasa di bidang komunikasi.

Sejarah Google.

Google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “BackRub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs. Sebuah mesin pencari kecil bernama Rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka. Aslinya, mesin pencari tersebut menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997, dan perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems.

Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Setelah tumbuh melampaui dua situs lainnya, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta. Mesin pencari Google menarik perhatian jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain sederhana dan penggunaannya. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan tersebut hanya berupa teks polos untuk menjaga sebuah desain halaman yang teratur dan untuk meningkatkan kecepatan pemunculan halaman.

Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada 5 sen (US$) per klik. Model penjualan iklan kata kunci dirintis oleh Goto.com (akhirnya mengubah nama menjadi Overture Services, sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo! Search Marketing). Sementara berbagai pesaing dot-comnya gagal dalam pasaran Internet baru, Google memperkuat pengaruhnya untuk meningkatkan pendapatan. Nama “Google” berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata “google”, dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.”
Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian Google (Page Rank) disetujui pada 4 September 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Wahh panjang banget yaaan.... terima kasihh ...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
animasi  bergerak gif

Copyright © 2012. Bocah sampah teknologi - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz